Powered By Blogger

Thursday, October 29, 2015

Day 3 family holiday 5d4n Singapore-Johor Bahru (28/9/15-2/10/15): Gardens By The Bay, Bugis Street, Mustafa Centre

Hari ke 3 di Singapore. Mulai homesick, kangen sama makanan jawa. Tp ngeliat lingkungan di Singapore ini,terbersit pengen jg tinggal disini. Bersih, aman, tertata.. ideal bgt deh. Sempet ngobrol sama suami, kalo dikasih rejeki, biar anak2 ngambil sma atau kuliah disini.. amiin..

Yak.. hari ini rencananya kita mau pergi ke Gardens By The Bay.  Dari stasiun Kallang naik mrt line hijau turun di Bugis. Di bugis ganti mrt line biru, turun di bayfront. Dari bayfront ini tinggal ikutin panah aja tuh ke Gardens By The Bay. Perlu waktu 10 menitan jalan kaki dari bayfront ke GBTB ini.

Kalo masuk GBTB aja sih gratis ya.. kecuali mau masuk ke Flowers Dome sama Cloud florest nya. Begitu masuk GBTB kita disambut jembatan yang ada hiasan 2 lampion, kayanya kalo lewat agak maleman bagus bgt nih, pas lampionnya nyala.. di bawah jembatan kaya ada sungai yang ditengahnya ada kapal berhiaskan lampion2 juga. Dari jembatan kalo liat keatas, keliatan super tree nya. Pohon raksasa buatan yang ada lampunya, lebih bagus kalo diliat pas malem saat show Garden Rapsody. Shownya tiap hari jam 7an.

Sebelum nyampe di Flowers dome, kita ngelewatin berbagai macam taman.. dari Chinesee Garden, Malay garden, indiana garden lalu nyampe flowers dome nya. Kita langsung masuk, kan udah beli tiketnya di Lucky Plaza pas hari pertama, jg ga perlu antri beli tiket. Begitu pintu flowers dome dibuka.. wuuuu... dinginnyeee... kalo mau kesini, baiknya persiapan bawa jaket atau pashmina di tas.. biar gak kedinginan.

Bau wangi bunga langsung menyeruak saat masuk di flower dome. Tumbuhan, bunga dan pohon diperlakukan sangat istimewa disini. Mulai pengaturan suhu yang menyesuaikan habitat dari flora2 yg ada. Bayangkan saja, bunga krisan aja bisa tumbuh subur di negara yang beriklim panas ini. Membayangkan brp besar dana investasi yang dikeluarkan pemerintah Singapore untuk membuat tempat wisata sekaligus konservasi flora2 disini membuatku geleng2.. niat bgt ya..

Mungkin bener kata orang2 kalo Singapore itu sebenernya ga punya apa2. Tp yang aku lihat sampai saat ini, at least mereka punya tekat dan kemauan untuk membuat yang ga ada menjadi ada. Sempet sih menyayangkan Indonesia yang begitu kaya karna tanah nya yang subur, karna pantainya yang indah, tidak dimanfaatkan secara optimal sebagai potensi wisata yg sangat menguntungkan negara.

Kembali ke flower dome, oma sama anakku seneng bgt liat bunga2. Tp jangan dipetik ya.. jangankan petik, kita pegang aja ga boleh. Diliatin aja.
Di flower dome ini lantai bawah didominasi oleh bunga2 kalo lantai atas banyakan kaktus sama pohon2 dari africa kaya gitu. Puas liat2 di flower dome kita pindah ke cloud florest. Masum kedalem langsung wWuuzZss.. kenceng bgt anginnya.. lebih dingin lagi.. plus kena cipratan2 air dari waterfallnya.. vertical gardennya menjulang keatas, dikelilingi jalan setapak.. wah bikin penasaran.. pengen cepet2 naik ke atas..

Sebelum menuju lift untuk naik keatas, ada taman bunga Raflesia Arnoldi yang terbuat dari lego. Kreatif bgt, bikin anakku seneng ngeliatinnya. Sudah nyampe atas kita mulai turun lewat jalan setapak.. begitu liat bawah ngeri deh.. tp anakku malah lari2 an, emaknya histeris dong!!! Belum sampe bawah disamping jalan setapak keluar kaya embun gitu.. apaan sih nih? Suami bilang itu buat nyiramin katanya.. ga tau bener apa ngga. Tp mungkin ini yg dinamakan cloud florest. Kita kaya jalan2 dihutan yg ada diatas awan karna efek embun td.

Karna oma udah kecapekan, kita mutusin istirahat dlu di hotel. Maklum perginya sama orang tua, ga boleh dipaksa jalan klo udah cape. Ntar malah jadi sakit. Kita jalan keluar lewat belakang flower dome.. jalan lurus aja.. lewat bawah jalan raya trus nyampe The Shoppess yg semalem kita datengin jg. Masuk kedalem langsung ke stasiun Bayfront. Naik mrt line biru, turun di bugis. Sampe bugis, ganti naik mrt line hijau turun aljunied,mampir dlu di ananas cafe beli makan siang 3 paket nasi lemak ayam, porsinya banyak bgt, habis itu lanjut naik bus turun nya deket hotel. Oma langsung istirahat dlu. Tp anakku kekeuh ga mau bobo siang.. ya udah biarin aj dia maen2 dulu.

Udah agak sorean, ternyata oleh2 masih ada yg kurang. Aku ngajak ke bugis street aja. Kan belum pernah kesana juga. Berangkatlah kita ke bugis street. Dari stasiun kalang naik mrt line hijau, turun di bugis, ambil exit c. Nyebrang jalan sampai juga di bugis street. Disini kita beli cm dikit, soalnya tas udah penuh, beli bagasi pesawatnya pun cm yg 20kilo. Planning nya sih habis dari sini mau ke mustafa. Tp anakku tidur. Wah.. ga mungkin jg klo lanjut jalan dia lg tidur bgini. Akhirnya kita balik hotel. Kita tidurin anak di hotel, ditemenin omanya. Aku sama suami ke mustafa centre, mau beli coklat buat oleh2. Dari halte deket hotel kita naik bus
21. Trus kita turun di Kitchener road. Dah deket tuh, tinggal jalan kaki aja.

Tokonya itu konsepnya swalayan, barangnya banyak bgt.. jadi lorongnya sempit2. Kayanya stroller aja ga masuk deh. Muat jalan 1 org. Begitu dapet coklatnya,langsung bayar, trus pulang. Sampe hotel mulai packing2 soalnya besok kita mau ke johor bahru. Rampung packing kita bobo dah..