Powered By Blogger

Thursday, October 29, 2015

Day 2 family holiday 5d4n Singapore-Johor Bahru (28/9/15-2/10/15) : Sentosa Island (SEA Aquarium and Maritim Museum), Chinatown, Merlion park, The Esplanade, Marina Bay Sands

Bangun pagi sempet lupa kalo udah di Singapore.. hahahaha.. becanda kali!!
Nyoba nengok keluar jendela, adem bgt suasananya. Secara kan semalem habis ujan deres.
Acara hari ini kita mau ke Sentosa Island! Tp kita cm masuk di SEA aquariumnya aja, yang si adek bisa menikmati juga. Selesai mandi kita siap jalan lg. Seperti kemaren, biar ga jalan terlalu jauh ke stasiun kallang, kita naek bus sbs transit dulu. Sampai stasiun kalang, kita naik mrt line hijau tujuan jookon, turun di stasiun outram park trus lanjut naik mrt line ungu ke stasiun harbourfront, keluar stasiun kita ikuti petunjuk ke arah Sentosa Broadwalk.


Ada 2 alternatif menuju Sentosa Island. Bisa naik Sentosa Express yg ada di lantai 3 vivocity atau lewat Sentosa Broadwalk. Kita pilih Sentosa Broadwalk karna masih pagi jd matahari blm terik, biar bapak bisa hunting2 foto jg selama perjalanan, dan yang terpenting adalah irit. Lewat broadwalk cm bayar 1 sgd per orang kalo naik sentosa express bayar 3sgd per orangnya.

Saat mengikuti petunjuk ke Sentosa Broadwalk ada info bahwa jarak yg harus ditempuh adalah 500m an. waooww.. jauh juga ya, tp jgn keder dlu, karna ada travelatornya. Jadi kita tinggal diem sama selfie2 aja, tau2 dah sampe. Ada yg aneh saat kita lewat di sentosa broadwalk itu, cenderung sepi ya.. karna kebanyakan turis dari indonesia mungkin ga mau susah, jadi milih naik sentosa express yg cepet nyampe. Sekalinya ada turis lain, itupun bule2, dan mereka milih jalan biasa aja tanpa pake travelator. Lah rombongan kita girang bgt begitu nemu travelator, hihihi.. beda bgt ya


kalo mau masuk Sentosa Island lewat Sentosa Broadwalk harusnya bayar 1sgd tp pas kita kesana msh gratis sampai akhir tahun. Bahagia deh!! Nyampe sentosa kita foto2 dulu depan Universal Studio, ga usah masuk,mahal! Hahaha.. lgan wahana nya sebagian besar buat anak2 yg udah gede. Ntar adek malah ga enjoy.
Selesai foto2 kita langsung ke SEA Aquarium!! Dari pintu masuk kita diarahkan dulu ke maritim museum isinya barang2 dari berbagai negara pada jaman dulu yang dibawa dengan kapal oleh saudagar2 untuk dibarter atau diperjual belikan. Di tengah2 museum ini terdapat replika kapal atau bahtera yang besar beserta contoh barang2 muatannya, jerapah pun muat lho ternyata masuk bagasi kapal, hehehe..




Waktu masuk ke SEA Aquarium nya, langsung kita dapat suguhan terowongan aquarium yg terdapat puluhan jenis ikan. Dari ikan kecil2 sampai berbagai jenis hiu. Mata kita dimanjakan oleh birunya air, dan lighting yang membuatnya nyaman. Anakku excited sekali liat ikan banyak. Sampai salah fokus waktu diajak foto sama omanya, ga mau liat ke kamera, cm mau liat ikan aja. Terus masuk ke dalam,ada aquarium2 lebih kecil yang dikemas apik dan edukatif.. sangat menyenangkan bagi anak2 untuk belajar dan lebih banyak tau ttg dunia ikan. Adek mengenali salah satu jenis ikan, "ibu, ada ayah nemo" yups.. dia menunjuk jenis clown fish. Senang sekali dia responsif dengan apa yg dia lihat, mampu mengenali apa yang dia lihat di tv, yg sekarang ada wujud aslinya. Ga sayang rasanya membeli tiket dgn harga yg ga murah untuk sarana edukasi seperti ini.






menu utama dari SEA Aquarium ini adalah, giant aquariumnya yang baguuuusss bgt!! kita bisa lihat spesies laut yang jarang sekali bisa kita lihat, ada manta juga, yupp ikan pari raksasa yang terkenal dgn ekor yang mematikan itu. Waaahhh.. aku aja sampai terpukau. Aku sama anakku gelesotan di depan aquarium itu sambil makan nugget 5sgd yg dijual di snack corner dalam SEA Aquarium, kalo oma kayanya udah kecapekan, jadi dia istirahat di pojokan. Dah puas liat manta yang berenang kaya burung yg lagi terbang, kita menuju pintu keluar. Lagi2 ada terowongan aquarium. Bagi yang punya anak2, mungkin SEA Aquarium bisa jadi pertimbangan untuk masuk ke itenerary.


Keluar dari SEA Aquarium rencananya kita mau cari makan, tp ngeliat resto2 di dalem Sentosa Island kok aku ngerasa jiper sama harganya. Yaudah,  kita makan di vivocity aja. Kita balik ke vivocity naik sentosa express, tp kali ini gratis. Kenapa gratis? Yap, sekalinya kamu masuk Sentosa, mau lewat broadwalk ataupun express pada saat masuknya, pada saat keluar naik sentosa express gratis!! Enyak kan.. sampai vivocity kita makan di McD. Kalo di indonesia karyawan McD kan pasti mbak2 cantik atau mas2 ganteng. Lha kalo disini karyawan nya nenek2 lho. Bahasanya inggris dengan aksen mandarin gitu. Cepet plus agak2 cempreng, sumfah ane kaga faham dahhhh!! Dengan susah payah karna komunikasi, akhirnya aku berhasil pesan 1 big mac, 1 double cheese burger, 1 nugget, 1 chicken wing + 2 frenchfries + 2 softdrink seharga 21,15sgd

Karna oma mau cari oleh2, habis makan kita langsung capcus ke Chinatown aja. Katanya kalo belanja oleh2, disini yang paling murah. Dari stasiun harbourfront kita naik mrt turun di stasiun Chinatown. Cuman 2kali stop, deket kok. Sampai stasiun chinatown kita keluar lewat exit A. Banyak bgt toko jual souvenir, tinggal pilih aja, rata2 harganya hampir sama. Kalo pinter nawar, bisa dapat diskon dari yg punya toko. Oleh2 udah dapet, kita balik hotel soalnya bawaannya banyak, ga mungkin lanjut jalan2. Dari stasiun chinatown kita naik mrt line biru lalu turun di stasiun bugis. Trus ganti naik mrt line hijau jurusan Pasir Ris, turun di aljunied, lanjut naik bus turunnya deket hotel.

Setelah bobo siang bentar. Nyicil ngepack oleh2 yang dibeli barusan, aku keluarkan senjata rahasia, 2 travel bag kosong yg dibawa dari rumah!! Tuh kan, pasti kepake.. ga sia2 bawa dr rumah, karna 2 tas besar itu langsung full isi oleh2. Duh, gimana nih, padahal masih mau beli coklat di mustafa. Setelah diatur2 lg masih sisa space buat tempat coklat yg ntar mau kita beli di mustafa.

Agak sorean kita lanjut jalan lg. Kali ini kita mau ke merlion park yang harusnya jadi acara hari pertama tp gagal krn ujan. Dari stasiun kallang, kita naik mrt line hijau tujuan jookoon, turun di stasiun rafless place. Dari Rafless Place kita lewat exit H. Pertama yg kita lihat adalah hotel Fullerton yg terkenal itu. Dari situ kita juga bisa lihat deretan cafe ClarkQuay di sisi sungai. Untuk mencapai Merlion kita harus menuju depan hotel Fullerton dulu, setelah itu kita nyebrang jalan besar depan hotel. Lahhh.. akhirnya ketemu sama singa setengah ikan ini!! Baru afdol rasanya pergi ke singapore setelah foto dengan latar belakang Patung Merlion ini. Langsung deh pose-pose dulu, buat posting di sosmed. Dari Merlion Park ini, nun jauh disebrang sana keliatan hotel Marina Bay Sands, ibu jadi inget kalo tiap hari ada lasershow di depan MBS, kita kudu nonton pokoknya. setelah agak gelap kita mulai jalan deh ke Esplanade. Untuk berkunjung di daerah ini sebaiknya sekitar jam 5 sorean, biar ga panas, trus kalo mau sampe malam, lampu2 nya bikin view nya tambah cantik.


 (view nya lagi ketutup haze)


Jalan-jalan di daerah esplanade kita nemuin Makan Sutera, sejenis foodcourt dengan berbagai pilihan makanan.. kita mampir dlu ah, kebetulan kan dah sore, belum makan juga nih. Aku mau nyobain sate singapore, tp kok ga ada.. yang ada sate padang.. yowes, sate padang aja gpp, suami beli gado-gado, anakku sama omanya makan mie goreng sepiring berdua trus tambah minum 4 gelas ice lemon barley total habis 23,5 sgd


Setelah kenyang kita jalan lagi ke arah MBS, ngelewatin tribun penonton yg biasa dipake buat Formula-1. Dari sini Helix Bridge udah nyala tuh lampunya. Bagus bgt. Belum jg sampe Helix bridge, lasershow di depan MBS udah mulai.. waduh.. ga keburu nih sampai sana, tp tenang, lasershownya 2 kali tayang jam 07.30 dan jam 09.30, shownya cm 15menit an. Kalo kelewat yg pertama ya masih ada yg kedua kan.. kita tetep jalan santai aja lewat helix bridge. Di ujung helix bridge udah keliatan tuh The Shoppes.



Tempat lasershow MBS ini diadainnya di Event Plaza depan The Shoppes ini. Nyampe event plaza jam 8malem, yang show pertama udah kelar.. yang show kedua masih 1,5jam lagi. Yaude,, kita nongkrong aja dulu. Anakku jg heboh lari2 an. Liat view singapore dari sini berasa romantis. Kapal2 yg berlampu lewat-lewat. Diseberang sono patung merlion lampu sorot nya udah nyala.
Lalu kejadian yang menjadi kekhawatiranku terjadi juga. Anakku bilang mau pup. Walaupun pake diapers, dia kalo pup harus di wc. Suami nyuruh cari toilet di dalem The Shoppes. Agak ga pede jg sih masuk ke dalem, soalnya saltum bgt ini bajunya.. kan cm pake sendal jepit. Tp demi anak tercinta semua dilakukan.. masuklah aku sama adek ke dalem,ada casino sama outlet2 yg diisi sama barang branded semua. Kayanya si Syahrini kalo belanja bulanan disini kali ya.. setelah urusan anak beres, kita balik ke event plaza. Baru 10 menit duduk2 lagi, show nya udah mau mulai.. diawali dengan suara musik yg kenceng banget, bikin suasana agak horor, trus lampu2 laser mulai menari. Show yang menyuguhkan perpaduan antara musik, laser, air, api, dan buble itu sungguh memberikan suasana yang berbeda. Dan yg lebih menyenangkan adalah show ini gratis!! hari gini?apa sih yang gratis?apalagi di singapore yg terkenal apa2 mahal. Jadi show ini ga boleh terlewatkan jika berkunjung ke Singapore
Udah malem, udah capek jg. Kita mau pulang ke hotel. Kita menuju stasiun Bayfront di lantai bawah The Shoppess. Dari stasiun bayfront kita naik mrt line biru, turun di stasiun Bugis. Lalu ganti mrt line hijau jurusan Pasir Ris, turun di Aljunied. Lanjut naik bus dan turun di deket hotel. Adek udah tidur di perjalanan tadi. Sampai hotel kita mandi, bersih2 trus tidur.

No comments:

Post a Comment