Powered By Blogger

Sunday, October 25, 2015

Day 1 family holiday 5d4n Singapore-Johor Bahru (28/9/15-2/10/15) : Changi Airport, Fragrance Emerald Hotel, Orcard Road (Lucky Plaza)

akhirnya hari yg ditunggu2 datang juga!! setelah setahun kita menantikan liburan ini. sebenarnya ini kali kedua kita melakukan family trip, tapi trip kali ini untuk pertama kali kita sekeluarga pergi ke luar negeri,dan destinasi yg dipilih kali ini adalah singapura!!! Banyak alasan knapa negara ini yg kita pilih, baca-baca dari beberapa blog katanya sangat mudah menjelajah negara ini, penasaran dgn statement itu si ibu tertantang membuktikan.
rasa hati mulai deg2an, takut nyasar, gimana nanti cara ngomongnya? secara english kita apalah-apalah. berbekal nekat saja lah.. kita berangkat.

Jam 3pagi aku sudah mulai siap2, bikin kopi buat mood booster. di dapur ketemu si oma yang katanya ga bisa tidur, saking excited nya mau pergi liburan. kita berangkat berempat aku, suami, anak aku, sama oma.. yapp.. 2 dewasa, 1 batita, dan 1 manula.. hehe

Karna kombinasi anggota rombongan seperti diatas, sengaja aku ng-pack barang nya cm jadi 2 backpack, handbagku, handbag oma, tas kamera suami, dan stroller anak. Tapi aku bawa 2 travelbag yg bisa dilipet jaga2 kalo disono kalap belanjanya.

Jam 4 teng kita berangkat dari solo ke jogja. Beruntung perjalanan lancar jaya. Sampai bandara adi sucipto jogja jam 5.30 pagi. Dengan pede nurun2in barang dan kita nyuruh sopir pulang. nah.. kita tengak-tengok nyari pintu departure untuk penerbangan international kok ga ada. Udah perasaan ga enak disini. Setelah tanya security kita baru ngeh ternyata penerbangan international di terminal B. Jarak antara terminal A dan B itu 200m!! lhakk busett.. lumayan kalo jalan kaki itu.. untung nya ada free shuttle bus yang mondar-mandir. Lega deh..ga jadi jalan kaki, jadilah kita naik bis. setelah turun, langsung cek in. karna ga ada bagasi, prosesnya cepet aja. masuk imigrasi di cap-cap trus tinggal tunggu pesawat nya.

Seperti yang diharapkan, tanpa delay pesawat air asia kita terbang sesuai jadwal.
Dipesawat anakku seperti biasa, ga rewel. Walopun bukan pertama kali buat dia naik pesawat, tp aku masih was2 jg krn ini jaraknya paling jauh yg pernah kita tempuh dgn pesawat untuk saat ini, biasanya dari solo ke jakarta atau solo ke bali yg cm butuh waktu 1 jam an.. sengaja pesen prebook meal biar dia ada kegiatan, jadinya ga bete di pesawat. Ternyata its work!! Dia sibuk sama kids meal dari air asia. Mac&cheese meatball nya yg yumm bgt. Trus aku bisa tenang ngisi form embarkasi buat masuk singapore.

Sekitar 2 jam berlalu, tibalah kita di changi airport yang terkenal itu. keluar pintu pesawat. Stroller udah disiapkan sama petugas cewek yg kayanya orang india, terbantu bgt dong.. secara bawaanku backpack di punggung, masih nenteng handbag pula.. jd ga perlu gendong anak lg kan. Tinggal didudukin trus dorong plus handbag bisa dicantelin pula di stroller. baru beberapa langkah masuk di terminal 1,kita udah ngeliat tap water. buruan deh bongkar tas dulu nyariin botol yg udah disiapin dari rumah,isi dulu, buat bekal jalan nih. fyi tap water di changi adanya dekat toilet.  Airnya dingin kya air es, trus agak bau kaporit. Tp gpp yang penting gratis.. hehehe..

lanjut jalan deh kita. Yg kebayang cm cepet nemuin stasiun mrt yg ada di terminal 2. eh ketemu deh skytrain yg bawa kita ke terminal 2,naiklah kita. Ni skytrain kenceng bgt jalannya. Jadi mesti pegangan yg kenceng ya.

nyampe terminal 2 kita bingung lagi nih, dimana imigrasinya? nyari muter2 trus kita nyerah dah, kita tanya informasi, trus ditunjukin deh imigrasinya. Antrilah kita ke petugas imigrasi. Eh, salah lagi kita! Ternyata kalo turunnya pesawat di terminal 1 mustinya kita jg keluar imigrasinya di terminal 1, ga bisa keluar lewat imigrasi terminal 2 yg ini. Jadi baliklah kita ke terminal 1.. capek deh!

Setelah cap2 paspor di terminal 1, barulah sah kita sampai di singapore. yipppyyy!! Tp agak lemes jg karna capek jalan. Nah setelah kelar imigrasinya kita cari deh tuh jalan ke stasiun mrt, tulisan di petunjuk jalannya 'train to city'. Airportnya bagus bgt. Kunjungan ke singapore next time aku bakal kasih spare waktu yg panjang buat maen2 di airport dulu. Suami suka bgt hunting foto di sini. Segala macem difotoin. Tp kok istrinya jarang2 difoto sih pak.

Sampai di stasiun mrt kita beli ez-link buat 3 adult, secara anakku kan masih 2 taun, ga perlu bayar. Harga ez-link nya 5sgd + deposit 7sgd jadi bayarnya 12sgd x 3orang

Naiklah kita mrt tujuan tanah merah. Setelah sampai tanah merah kita perlu menetukan tujuan. Kalo keluar pintu sebelah kanan kita ke arah Pasir Ris, kalo ke kiri kita ke arah Jokoon. karna tujuan kita yg pertama ke IKEA Tampines buat liat2 skaligus icip2 swedish meatball halal yg konon katanya enak bgt itu, kita keluarlah lewat pintu kanan, naik mrt tujuan Pasir Ris, setelah sampai di stasiun Tampines, kita turun. Begitu keluar kita cari halte untuk free suttlebus yg bisa anter kita ke IKEA. kok ga ada ya? Mana ya haltenya? Udah keringetan muter2 ga jelas, ga ketemu jg. Udah keburu ga mood lagi, kita ga tanya2 dlu langsung mutusin ke hotel dlu aja, kaki pegel bgt, si adek kayanya udah mulai ngantuk jg. Deal, kita menuju hotel.

naiklah kita ke mrt line hijau tujuan JoKoon. Trus turun di stasiun Aljunied. Nah disitu si bapak ngajakin makan siang sekalian istirahat bentar.Liat2 dlu restonya, akhirnya nemu muslim resto namanya MUFIZ. Tanpa ragu deh kita masuk nyari meja kosong. Disitu kita pesen 1porsi nasi lemak ayam, 2porsi nasi lemak rendang daging, 2 es tek tarik dan 1 air mineral (kesalahan si bapak ini pesen air mineral, lupa kalo bawa air dari airport td) habisnya 16,8sgd. Kelar makan kita jalan ke halte deket stasiun. Naik bus 67. Cm lewat 1 halte trus kita turun di halte berikutnya.. hotel nya ga jauh dari tempat kita turun td. Kalo mau naik bus disingapore sebaiknya duduk disebelah pintu keluar, atau pintu tengah. Biar gampang kalo mau turun. Terus kalo ga dapet tempat duduk, dan harus berdiri, jangan lupa pegangan ya, karna sopir2 bus disini kayanya mantan pembalap nascar. Nyetirnya beuhhh...mesti ngrasain sendiri deh.

Urusan hotel, jauh2 hari kita udah book hotel fragrance emerald via traveloka. Lokasinya di daerah geylang. Yupp!! geylang yg dikenal red district area itu. Tp hotel ini letaknya lebih dekat dgn kallang daripada geylang. Selama 3malam menginap disana pun, kita aman2 aja kok walaupun pulang malam2, ga ada pemandangan yang aneh2. Jadi yg mau bawa keluarga nginep di hotel ini tenang aja, hotel nya jg bersih, receptionist nya ramah, untuk harga family room dgn kapasitas 3adult(anak dibawah 3tahun gratis menginap tanpa ekstra bed) yg kita bayar Rp 650rb per malamnya.. menurut kita itu lebih bagus dari perkiraan. Dibandingkan dgn hostel mungkin harga nya ga beda jauh lho. memang sih di hotel ini ga disediakan sarapan. Tp everything about hotel ini ok! Kita ga akan ragu untuk kembali menginap di hotel ini lg. Disamping harganya yg terjangkau, kamar bersih, sekitar 100m dari hotel ada bus stop jd ga perlu jalan jauh ke stasiun mrt. Ada jg warung makan muslim dekat bis stop tsb. Di seberang bus stop ada masjid Mohd. Shalleh, trus ditambah lg ada notes kecil yg isinya pemberitahuan bahwa air keran di hotel ini layak untuk langsung dminum, horee!!!

(Bangunan Masjid yang bercat kuning-hijau)

Setelah check in selesai kita dipersilakan masuk kamar padahal aturannya check in baru jam 3 lho klo disini. tp kita dibolehin early check in. alhamdullilah.. bisa cepet rebahan. kita bobo siang deh bentaran. Suami sempetin dulu ke 7-eleven terdekat buat beli sim card harganya 15sgd. jam 5 sore kita lanjut mau jalan2 lagi. liatin jendela.. kok kaya mendung. masukin deh payung ke backpack. kita jalan dari hotel ke bus stop, trus nungguin bus 80 yg akan bawa kita ke deket stasiun kallang. cm 1 kali lewat halte, kita turun di halte berikutnya trus jalan bentar ke stasiun kallang. win win solution lah.. biar si oma ga kecapean jalan kaki, tp jiwa backpackeran nya masih terasa. depan stasiun kallang ada old cang kee yg terkenal itu, sempet pengen ngicipin tp masih kenyang. Dari stasiun kallang kita naik mrt line hijau jurusan jookoon trus turun di stasiun cityhall, kita pindah line merah jurusan jurong, turun di stasiun orcard.

Kita ga jalan2 di orcard karna tujuan kita ke lucky plaza beli tiket SEA Aquarium dan Garden by the bay. harga tiket nya lebih murah drpd beli di lokasinya langsung. Ternyata setelah dari stasiun orcard kalo kita keluarnya lewat exit D itu kita langsung di dalemnya lucky plaza lho. Hehehe.. katrok bener kita sampai bingung dimana lucky plazanya?? ee ga taunya kita udah di dalemnya, jiahh payah deh. Sampai di Cebu travel kita beli tiket SEA dan GBTB buat 3dewasa total 141sgd

Tiket sudah dibayar. Acara selanjutnya menurut itinerary yg sudah dibikin harusnya kita ke merlion park. Tp diluar ternyata ujan deres bgt, ya sudah lah.. kita jalan melipir2 sampai depan Tang Plaza. sempet kita ngelesot aja depan plaza itu karna ujan nya masih deres aja. karna udah dingin bgt kita mutusin naik bus di halte depan Tang plaza itu ke merlion park, dengan harapan nyampe sana hujan udah reda. Kita naik bus 167, trus turun di halte sebrang Singapore Cricket Club. Benernya udah deket bgt sama si singa setengah ikan itu, tp ujan nya tambah deres. Bingung nih, mesti gimana. Akhirnya asal aja kita naik bus 100, tau2 kita lewat depan vivocity. Kita turun di situ. Perut udah laper, kita makan di food republic lantai 3. Kita pilih menu indonesia, nasi+sayur+lauk+minum total habis 29,4 sgd. Dari vivocity kita balik hotel pake mrt. Dari stasiun harbourfront kita naik mrt line ungu tujuan Punggol, turun di stasiun Outram Park, disitu ganti naik mrt line hijau tujuan Pasir Ris, lalu turun di stasiun Aljunied. Dari stasiun aljunied naik bus ke halte dekat hotel. Kita langsung tidur untuk mencharge tenaga supaya ttp semangat jalan2 lg besok.. hurayyy!!!!