Powered By Blogger

Saturday, December 19, 2015

Traveller mandiri vs ikut tour



Judul post aku kali ini adalah pertanyaan yang bikin aku galau saat merencanakan liburan. Tapi itu dulu! Sekarang aku sudah menemukan mana cara travelling yang cocok untuk aku dan keluarga untuk sementara ini. Kenapa sementara? Ya, karna aku ga mau takabur, siapa tau suatu saat nanti aku sudah ga nyaman dengan cara travelling yang ini, trus mau coba cara travelling yang satunya. Emak-emak rempong ye
Dan aku saat ini memang lebih milih travelling sendiri tanpa tour. Banyak sekali hal yang membuatku memilih jadi traveller mandiri, yaitu:

1. Lebih bebas
Yap, bebas nentuin waktu, itinerary, makanan, dll. Dengan travelling sendiri kita ga harus kaya kejar setoran ngikutin jadwal yg udah dibuat oleh tour. Apalagi yang travellingnya bawa anak kaya aku, pasti susah deh. Trus dengan traveling sendiri tentunya kita bebas menentukan tujuan ke mana aja kita mau dan tentunya bebas menentukan waktunya.

2. Lebih irit
Kita bisa irit dengan beli tiket pesawat waktu ada promo. Bisa juga irit di pengeluaran makan atau akomodasi (kalo yang ini aku ga bisa ya, kalo bawa anak hotel harus nyaman, bersih dan kalo beruntung bisa dapet yang mureee). Yang jelas ga perlu keluar uang tips buat travel guide nya ya

3. Lebih greget
Kalo aku pribadi, bangga banget kalo sukses dalam merencanakan travelling sendiri. Suami tugasnya hunting tiket semurah-murahnya. Tp dia percaya banget sama aku soal milih akomodasi sama bikin itinerary.
Kita bisa ngerasain senengnya, bahkan saat baru ngerencanain itinerary nya, baca-baca blog tentang tempat yg mau kita explore, ngebahas objek2 wisata apa aja yg harus kita datengin dan mana yg harus diskip pas malem2 sebelum ehemm.. tidur. Feel liburannya itu bahkan udah dapet berbulan2 sebelum tgl berangkat. Bikin mood kita tetep happy, tetep produktif dalam kerjaan kita, seolah2 jadi motivator dalam hidup. Beda kan rasanya kalo kerja terus tapi kita ga tau apa yang mau kita capai.

Itulah sedikit alasan kenapa aku.pilih travelling sendiri. Tapi memang kalo mau travelling sendiri harus dengan persiapan yang matang, mulai dari beli tiket pesawat setahun sebelumnya biar muree, pelajarin tempat yang mau kita datengin biar kemungkinan nyasar jadi kecil, cari2 hotel yang nyaman, baca2 blog tentang travel.

Tapi kalo kamu tipe2 yang ga mau repot, pake jasa tour guide akan lebih memudahkan. Yang jelas, apapun pilihan cara travelling kamu, yang penting adalah enjoy. Mana yang bikin kamu nyaman, yang sesuai dengan budget kamu, hajar!!

No comments:

Post a Comment